Pages

Pencanangan PKK ke-39 : Terciptanya Masyarakat yang Mampu, Mandiri dan Ikut Serta dalam Pembangunan Nasional


Dari hari selasa hingga Rabu malam, Kecamatan Batangbatang menjadi pusat keramaian. Pemerintah Kabuapaten Sumenep bekerja sama dengan Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, dan Keluarga Baerencana Kabupaten Sumenep  menyelenggarakan acara spektakuler selama dua hari dua malam, yaitu Penca
nangan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-39 dan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat VIII tahun 2011, yang dilaksanakan di Kecamatan Batangbatang. Dengan Dihadiri oleh Bapak Bupati Sumenep, Forum Pimpinan Daerah, Kepala SKPD, Camat se-Kabupaten Sumenep dan masyarakat atau lembaga-lembaga penerima bantuan baik perorangan maupun organisasi.


Ada berbagai macam acara menarik untuk memeriahkan hari bakti tersebut. Pada Selasa, 26 April 2011 diadakan pemutaran film. Kemudian Rabu, 27 April 2011 diselerenggarakan pagelaran atraksi kesenian penyambutan Bapak Bupati dan rombongan, seperti Jaran Serek, Musik Tong-tong, Saronen, Ta’-Buta’an, Sape Sono’, Hadrah, Drumband, dan Tari Muang Sangkal. Tidak hanya itu saja, penampilan produk unggulan (kerajinan tangan) dan pasar murah dari masing-masing kecamatan daratan, satker-satker daerah BUMD, dan PNPMMPd cukup menarik minat masyarakat setempat. 
 
Ada pula Pasar murah yang menjual sembako, pembagian sembako untuk masyarakat yang kurang mampu, khitanan massal, dan pengobatan gratis. Acara itu ditutup dengan Pentas seni pada Rabu malam, di antaranya penampilan Tari Goyang-goyang, Hadrah modern, Gambus, Seni Pencak Silat, dan Topeng. 


Dengan kegiatan ini masyarakat menjadi lebih memahami pembangunan daerah, bukan hanya menerima bantuan dari pemerintah. Hal ini sesuai dengan tujuan diadakannya Pencanangan Hari Gerak PKK ke-39, yaitu untuk memberdayakan pengurus PKK dan pendekatan kepada masyarakat yang lebih akrab serta menggerakkan masyarakat untuk dapat melaksanakan kegiatan pembangunan di desanya masing-masing.
  
Sebagai tindak lanjut dari acara tersebut, diharapkan bagi masing-masing kecamatan untuk melaksanakan kegiatan hari bakti setiap tahun atau setiap bulan, seperti kegiatan sosial, kerja bakti, dll. Kegiata-kegiatan bakti itu harus dilakukan dengan nyata dan menyetor laporan pada Pemerintah Kabupaten Sumenep. 

Kecamatan Batangbatang sendiri saat ini sedang memusyawarahkan kegiatan hari bakti yang akan diselenggarakannya. Bapak Nadar Sudarso, salah satu pegawai kecamatan menyatakan, “Kami sedang merencanakan kegiatan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu, misalnya pembangunan rumah bagi masyarakat yang memiliki rumah kurang layak. Seperti acara di TV.”

 
 
 Memang benar, Sumenep perlu mengadakan kegiatan-kegiatan sosial seperti itu guna menciptakan wilayah yang makmur dan terciptanya masyarakat yang mapu, mandiri dan ikut serta dalam pembangunan nasional.

 


0 komentar:

Posting Komentar